Gimana Sih Caranya Compare Harga Rumah Yang Benar Saat Anda Akan Membeli Rumah?

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika anda akan membeli rumah, salah satunya adalah faktor harga. Ketika anda akan membeli rumah pasti akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan. Anda harus melakukan perhitungan dan compare harga rumah yang benar antara rumah-rumah yang masuk seleksi pilihan anda guna memastikan bahwa rumah yang terpilih adalah rumah dengan harga yang paling kompetitif.

Selain banyaknya pilihan, ada faktor lain yang membuat anda harus melakukan perhitungan dan compare harga yang benar, yaitu karena sering kita menemukan beberapa pilihan rumah diluar sana dengan harga yang tidak masuk akal. Contohnya, spesifikasi rendah namun harga tinggi, lokasi jauh dari pusat kota Jakarta namun harga tinggi, ukuran kecil namun harga tinggi karena anda secara tidak langsung dibebankan biaya fasum fasos secara berlebihan, dan satu lagi, rumah dengan harga tinggi tanpa alasan yang jelas.

Perhitungan yang banyak digunakan saat ini adalah dengan cara membagi langsung harga jual dengan luas tanah, untuk dibandingkan dengan rumah yang lain. Perhitungan ini tidak tepat dan memberi hasil yang misleading dalam pengambilan keputusan membeli rumah.

Contoh perhitungannya adalah sbb:

Rumah#1 dengan LT/LB 72/86 harga 1.5M, dihitung menjadi 20.8juta/m² (didapat dari 1.5M dibagi 72m²)

Rumah#2 dengan LT/LB 90/150 harga 2M, dihitung menjadi 22.2juta/m²

Dari perhitungan ini keputusan yang anda ambil adalah beli Rumah#1 karena harga lebih kompetitif dari Rumah#2. Apakah ini hasil yang benar?

Artikel ini akan menjelaskan cara perhitungan dan compare harga rumah yang benar saat anda akan membeli rumah. Perhitungan ini akan berguna ketika anda:

  • Melakukan compare harga beberapa rumah baru/inden yang sejenis yang menjadi “wish” anda
  • Ingin mengetahui berapa sebenarnya perkiraan harga tanah yang dibebankan didalam harga jual
  • Akan membeli rumah secondary dan membandingkannya dengan harga pasar rumah secondary sekitarnya yang sedang dijual
  • Membandingkan rumah dengan tipe dan luasan bangunan dan tanah yang berbeda

Berikut cara perhitungan dan compare harga yang benar, dilengkapi dengan contoh kasus yang real.

Pertama, anda harus menghitung nilai bangunan. Ini bisa dengan nilai asumsi  sebesar 5juta/m². Dengan mengambil contoh Rumah#1 diatas, maka nilai bangunan Rumah#1 adalah 430juta (5juta x 86m²)

Kedua, menghitung nilai tanah, yang didapat dari nilai jual dikurangi nilai bangunan. Maka nilai tanah Rumah#1 adalah 1.07M (1.5M minus 430juta)

Ketiga, mendapatkan nilai tanah per m². Nilai tanah per m² Rumah#1 adalah 14.86juta/m2 (1.07M : 72m²)

Dengan sudah dilakukannya 3 tahap perhitungan diatas, maka anda bisa menerapkan nilai yang sama dengan rumah yang akan dibandingkan. Berikut perbandingan dengan Rumah#2 dengan LT/LB 90/150:

Nilai bangunan: 5juta x 150m² = 750juta

Nilai tanah: 14.86juta/m² x 90m² = 1.34M

Total nilai rumah: 750juta + 1.34M = 2.09M

Disini dapat dilihat bahwa dengan perhitungan yang sama, Rumah#2 bernilai 2.09M, padahal Rumah#2 ini dijual dengan harga 2M, artinya lebih murah 90juta dari Rumah#1. Hasil dari compare harga rumah yang benar ini memberi anda kesimpulan bahwa Rumah#2 lah yang lebih kompetitif harganya.

 

Berikut contoh kasus ketika anda ingin membandingkan rumah dengan tipe dan luasan bangunan dan tanah yang berbeda.

Misalnya anda ingin membeli rumah mewah tiga lantai dengan LT/LB 160/250 seharga 3.2M, sementara untuk perbandingan harga dengan rumah disekitar area tersebut hanya ada rumah tipe yang lebih kecil yaitu LT/LB 72/86 seharga 1.5M, yaitu Rumah#1 di contoh perhitungan sebelumya. Anda perlu compare harga apakah rumah mewah seharga 3.2M tersebut harganya sudah kompetitif.

Dengan mengambil contoh hitungan Rumah#1 sebelumnya, nilai tanah per m² rumah ini adalah 14.86juta/m², dan nilai bangunannya adalah 5juta/m². Kita aplikasikan nilai yang sama ke rumah mewah tersebut sbb:

Nilai tanah: 14.86juta/m²  x 160m²  = 2.38M

Nilai bangunan: karena ini rumah mewah tiga lantai tentunya harga bangunan per m²  tidak sama dengan Rumah#1 yang tidak mewah, jadi kita akan pakai asumsi harga bangunan 6juta/m², maka nilai bangunan adalah 6juta/m²  x 250m²  = 1.5M

Nilai tanah + bangunan: 2.38M + 1.5M = 3.9M

Kesimpulan: Rumah mewah tersebut harganya sangat-sangat kompetitif, karena lebih murah 700juta (3.9M minus 3.2M) setelah dilakukan compare harga dengan Rumah#1 dengan metode perhitungan yang benar.

Di Harizma Homes, anda bisa mendapatkan rumah dengan harga yang kompetitif. Bukan hanya itu, banyak faktor kualitatif lainnya yang selalu menjadi keunggulan koleksi kami seperti desain, keadaan sekitar yang nyaman, lokasi yang strategis, dan keunggulan keunggulan lainnya.

Silakan berselancar di website kami www.harizmahomes.com. Buka wawasan anda untuk mendapatkan rumah idaman terbaik untuk anda dan keluarga tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×